WHAT'S NEW?
Loading...

Pengertian dan Struktur CPU beserta fungsinya


Pengertian


    CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras (hardware) komputer yang bertugas untuk melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak, sering disebut processor atau otak komputer.
    dalam CPU terdapat komponen-komponen yang sangat mempengaruhi kinerja dan harus ada didalam CPU, berikut komponen-komponen utama CPU:

Komponen Utama

1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)
2. Control Unit (CU)
3. Registers
4. CPU Interconnections

1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)

        ALU adalah komponen utama CPU yang bertugas untuk membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer, ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan intruksi-intruksi bahasa mesin. terdapat dua bagian didalam ALU yaitu bagian Aritmatika dan Logika (boolean), bagian aritmatika ini berguna untuk menghitung dan bagian logika berguna untuk menghasilkan operasi logika benar dan salah.


2. Control Unit (CU)

         CU adalah komponen utama CPU yang bertugas untuk mengontrol operasi CPU, CU juga mengatur kapan alat input menerima, mengolah dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data, dengan demikian semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya.

Tugas CU adalah :
  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Menentukan fungsi-fungsi yang harus dilakukan unit control agar menyebabkan pembentukan operasi mikro
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja.

3. Registers

       Registers, adalah media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. 


4. CPU Interconnections

       CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran. 


Tugas CPU


Hal-hal yang dilakukan CPU adalah sebagai berikut : 

1. Fetch instruction (mengambil instruksi) yaitu CPU membaca instruksi dari memori 
2. Interpret instruction (menterjemahkan instruksi) yaitu CPU menerjemahkan instruksi untuk menentukan langkah yang diperlukan. 
3. Fetch data (mengambil data) yaitu eksekusi instruksi yang mungkin memerlukan pembacaan data dari memori datau dari modul I/O 
4. Process data (mengolah data) yaitu eksekusi instruksi yang memerlukan operasi aritmatik 
5. Write data (menulis data) yaitu hasil eksekusi yang mungkin memerlukan penulisan data ke memori datau ke modul I/O. 


0 comments:

Post a Comment