WHAT'S NEW?
Loading...

Perbedaan Hacker dan Cracker dan serangannya

     



     STM-Cyber-teknologi saat ini semakin lama semakin berkembang dengan pesat. Saat ini teknologi tidak lepas dengan komputer, bahkan kegiatan jual beli dapat melalui internet. dan tak jarang terjadi tindakan kejahatan dalam kegiatan jual beli tersebut.
kali ini STM-Cyber akan mengupas informasi tentang perbedaan hacker dan cracker, simak dengan baik ya :)

Perbedaan Hacker dan Cracker


        Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang dapat meretas suatu system dengan tujuan melampiaskan rasa ingin tau mereka. dan mereka mempunyai etika sendiri dalam melancarkan serangan. salah satunya yaitu boleh melihat lihat dalam system tetapi tidak boleh merusak.

        Cracker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang dapat meretas suatu system dengan tujuan merusak atau mengambil keuntungan. contoh nyatanya yaitu: cracker yang memaksa untuk mengambil uang dalam bank

Serangan


     Sebuah serangan yang dijalankan hacker maupun cracker sama saja, bedanya apa yang mau mereka lakukan selanjutnya.

 Jenis serangan

MITM (Man in the middle attack)

     MITM adalah sebuah serangan dimana seorang hacker / cracker menyadap data yang sedang dikirim (transmit). hacker tersebut berada di antara sebuah pengirim data dan penerima data, MITM bisa saja membuka lalu mengganti isi data yang dikirim oleh pengirim data. analoginya adalah hacker adalah seorang begal, pengendara (korban begal) adalah data. 

Sniffing packet

     Sniffing packet adalah sebuah serangan dengan cara menyadap paket data dengan tujuan untuk melihat isi suatu paket data. serangan ini merupakan bagian dari serangan MITM.

Phising (memancing)

     Phising adalah serangan dimana seorang hacker maupun cracker memaksa korban untuk membuka situs yang di buat sebelumnya dengan tujuan mendapatkan informasi penting dari korban seperti password, pin, dll. teknik phising ini bermacam macam. 

DOS (Denial of Service) Attack

     DOS attack adalah sebuah serangan dimana seorang hacker / cracker menyerang sebuah perangkat seperti server. dengan tujuan membuat perangkat atau server tersebut down. cara kerjanya yaitu seorang hacker /cracker mengirim file berkapasitas besar sehingga membuat sebuah perangkat merasa berat menerima file begitu besar dan membuatnya down (mati)

Deauthentication Packet Attack

     Serangan ini biasanya digunakan dengan tujuan mendisconnect client sebuah jaringan, cara kerjanya yaitu mengirimkan paket palsu berisi deauthentication ke access point / router dalam jaringan tersebut, sehingga tanpa disadari client dia disconnect dari router. padahal dia tidak merequest disconnect kepada router

Brute Force Attack

     Brute Force Attack adalah sebuah serangan membobol password, dengan cara mencoba coba password tersebut sampai benar (dapat), biasannya sudah ada software khusus bruteforce, dan attacker tinggal membuat wordlist, atau list password dari korban.

Deface

     Deface adalah jenis serangan yang menyerang sebuah website, biasanya hacker mengubah halaman utama menjadi halaman yang dibuatnya sendiri, sebenarnya awalnya hacker membobol password admin dari website tersebut kemudian di masuk ke control panel website dan merubah halaman utama websitenya

Sebenarnya masuh banyak jenis serangan lainnya, tergantung perkembangan hacker di dunia ini, serangan diatas merupakan serangan yang paling sering digunakan :)
semoga ilmu diatas ini dapat bermanfaat bagi kita semua





0 comments:

Post a Comment