WHAT'S NEW?
Loading...

Memulai programan C# (GET STARTED WITH C#)

   

     Saat ini kebutuhan software semakin menaik untuk kebutuhan industri, bagi kalian yang suka sama kegiatan coding, baik itu high level maupun low level itu adalah kesempatan besar bagi kalian.
kali ini StmCyber akan memberikan sedikit pengetahuan tentang pemrograman khususnya di C#

Sedikit informasi tentang C#

PENGERTIAN C#

      C# adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh microsoft yang sangat modern dan saat ini banyak yang menggunakannya, kalian bisa mempelajari bahasa C# ini dengan mudah dan berdasarkan prosedur, kenapa harus berdasarkan prosedur? karena pemrograman C# ini didesain untuk pemrograman berorientasi objek (PBO) atau object oriented programming (OOP)

Apa itu OOP ?

      OOP (Object Oriented Programming) adalah sebuah teknik pemrograman dimana kita dituntut untuk menulis program yang terstruktur, artinya kita harus melakukan dengan Cara pintar, awalnya saya sendiri melakukan semua penulisan dengan cara goblok, dan itu malah membuat saya pusing sendiri, kenapa para programmer diluar sana bisa menulis program dengan jutaan baris code tetapi mereka dapat melakukannya dengan baik? itu karena mereka menerapkan teknik OOP, jadi intinya OOP itu bisa membuat kita belajar coding bersih kalau saya bilang

Langkah-langkah untuk melakukan pemrograman C#

   1. Install Visual Studio Comunity

Kenapa saya memilih aplikasi tersebut, itu karena saya suka aplikasi tersebut. kalian bisa install aplikasi kalian yang lain tapi saya rekomendasi kan menggunakan aplikasi ini, saya memilih yang Comunity edition karena gratis alias tidak dipungut biaya seperserpun.

   2. Pelajari dasar-dasar pemrograman C#

Dasar itu penting, tak ada laut tanpa dasar, pelajari sesuatu dengan dasar (basic), kalian harus menerapkan itu, bahkan jika kalian mau pelajari semua bahasa pemrograman cukup mempelajari dasar nya saja, hampir semua bahasa pemrograman konsepnya sama, hanya syntaks dan hal lainnya saja yang membedakan, dasar yang paling sering di bahasa pemrograman adalah Algoritma(Cara menyelesaikan masalah), Aritmatika(Operasi perhitungan), Logika(logika untuk menyelesaikan masalah).

   3. Cari sebuah masalah

Pada dasarnya semua program yang bermanfaat itu untuk menyelesaikan sebuah masalah, contohnya saja sebuah program penjualan, program tersebut pasti ada manfaat sendiri bagi penggunanya

   4. Tekuni dan Fokus pada satu titik

Saya ingat pesan kepala jurusan saya, "fokus satu aja, jangan banyak banyak, nanti kamu malah gak muncul keahlianmu dimana", itulah gunanya fokus pada satu titik, jadi kalau kalian suka dengan bahasa C# maka kalian jangan sekali kali mendalami bahasa lain, pelajari boleh tapi jangan mendalami

oke mungkin itu saja trik bagi kalian yang mau memulai pemrograman.
salam anak stm

0 comments:

Post a Comment