WHAT'S NEW?
Loading...

Pengertian Database | 2017 STM Cyber



dari berbagai sumber yang saya dapatkan dari beberapa website dan buku-buku jaringan, Database adalah sekumpulan data yang disimpan didalam komputer secara sistematis sehingga dapat diperiksa oleh program komputer yang mendapatkan informasi dari database tersebut.

Pengertian Database


sehingga pengertian yang stmcyber dapat disini,
Database adalah sekumpulan informasi dalam bentuk data didalam komputer yang disusun secara sistematis dan dapat diakses menggunakan cara tertentu sehingga dapat diamankan dan disimpan secara rapi, database ini bisa diibaratkan sebagai rak buku dengan masing-masing labelnya. kita bisa mencari data dengan sesuai dengan dimana kita meletaknya. dan didalam database ini ada tabel-tabel yang berisi field atau row.

Database mempunyai catatan tertentu mengenai informasi data sehingga dalam membackup data tidak terlalu susah, dan hanya membutuhkan catatan ini dan dapat dieksekusi jika membutuhkan.

Banyak perusahaan-perusahaan yang mengembangkan database ini, seperti oracle yang mengembangkan Mysql database dan oracle database.

saat ini database bisa dibedakan menjadi dua:

1. RDBMS (Relational Database Management System) Database


     RDBMS (Relational Database Management System) Adalah database yang didalamnya terdiri dari banyak tabel, dimana disetiap tabelnya mempunyai hubungan melalui primary key atau foreign key. contoh database yang menganut pola RDBMS adalah SQL Server, Mysql, Microsoft Access dan Oracle.

Kelebihan RDBMS:


  • Dapat membuat banyak table dalam satu database
  • Dapat melihat data dengan berbagai cara
  • Mengurangi kapasitar harddisk yang berlebihan
  • Mudah memanipulasi dan memaintenance data
  • Dapat mencegah pengisian data yang berulang-ulang


2. Flat Database


     Flat Database adalah suatu database yang menyertakan tabel tunggal atau bisa dibilang hanya mempunyai satu tabel, dan tidak mengenal istilah primary key, karena ia hanya satu tabel, flat database ini cocok untuk menyimpan data dalam skala kecil. dalam memelihara atau memaintenance agak susah dan harus hati-hati.

contoh database:


Mysql


Berikut contoh database dalam mysql

Picture 1. Cara membuat Database

Berikut adalah table-table yang terdapat dalam database dan record nya

Picture 2. Cara membuat Table dalam database berserta record


0 comments:

Post a Comment